Sabtu, Agustus 04, 2012

RISALAH SEORANG SARJANA

RISALAH SEORANG SARJANA
Oleh Hamiddin

Dari kampung kubawa Alif
Mengembara di malam-malam ramadhan
Menunggu bintang berebut perhatian
Menunggu bulan berpendar di kelam nurani
Sembari kumenari diantara belantara tebu
Yang rimbun dengan rindu

Setelah berwindu-windu aku membuka halaman buku
Setelah berabad-abad aku tenggelam di sungai ilmu
Sampailah aku pada kecup ujung Alifmu
Sabdamu hanya untuk penghibur pilu

Dulu,
Aku mengaji di surau guruku
Mencari nurani di setiap nafiri
Setelah besar aku berdiskusi dengan kamus
Mencari mutu di setiap buku
Kemudian aku memperoleh gelar
Sarjana tapi aku tak bijaksana
Magister tapi perilakuku keminter
Doktor tapi otak dan hatiku selalu kotor

Waktu akan berlalu
Yang dulu meringkuk kaku
Yang baru berlari berpacu

Ya Allah
Diujung doaku
Ramadhankan hatiku
Lailatur qodarkan pikiranku
Dan fitrahkan jiwa ragaku
Hingga aku tak sulit bertemu, dengan diriMu

Malang, 4 Agustus 2012

0 comments: